[Engagement] – [Bukan] Tips & Trik

Engagement apa lamaran ya? Beberapa sumber mengatakan sama aja sebetulnya, seperti ini contohnya hasil interview dari 3 orang yang ditanya: “Lamaran/ engagement sih nyebut nya?”:

Lamaran itu ngga pake tukeran cincin aja sih, Dis

Ah ngga ada bedanya, waktu itu gue sebut lamaran tapi emang ga ada tukeran cincin, Dhis

Tunangan dong, lamaran kok so yesterday?

Terlepas dari mini interview tersebut, ternyata pilihan hati jatuh pada istilah “engagement/ tunangan”, yang kebetulan memang ada acara pertukaran cincin. Acara tunangan kami akhirnya ditentukan bersama dengan keluarga di Hari Minggu, Tanggal 7 Agustus 2016, dimana bertepatan dengan hari ulang tahun mama saya yang ke-61, what a blessed Tuhan, terimakasih atas keindahan di hari itu.

img_0751

Acara Lamaran

Lanjut mengenai persiapan-persiapan yang sudah kami laksanakan menuju ke hari lamaran. Singkatnya, persiapan nya hanya 2, yaitu: MENTAL & FISIK.

1. PERSIAPAN MENTAL

Persiapan mental ini yang paling mendasar dari kalian para pasangan yang hendak menuju ke pelaminan, dimana mencakup: kecocokan, keyakinan dan tentunya persetujuan kedua orang tua. Yakin-kan bahwa pilihan dan hubungan kamu memang layak untuk dilanjutkan ke dunia pernikahan, karena pepatah bilang: “menikah itu membosankan, makanya carilah yang menyenangkan“. Setuju atau tidak setuju nih?

2. PERSIAPAN FISIK

Nah setelah mental kamu sudah dipersiapkan matang, mari lanjutkan ke masalah-masalah teknis yang mendukung kelancaran acara kamu, seperti:

Menentukan Budget Acara 

Ini hal paling awal yang tentunya harus kamu tentukan sebelum memulai acara. Diskusikan dengan pasangan kamu, berapa budget yang sekiranya akan dipersiapkan untuk membuat acara, juga bagaimana pembagian nya, apakah budget dibagi 2 atau ada persentase tertentu yang bobot nya lebih tinggi. Karena hal ini tidak ada aturan yang baku, saya dan pasangan akhirnya menentukan bahwa budget akan kami bagi rata saja dan saat itulah kami membuka tabungan bersama untuk acara lamaran sekaligus acara pernikahan nanti yang niat nya agar pernikahan kami tidak merepotkan kedua orang tua.

Venue Acara 

Alhamdulillah bagi saya dan pasangan tidak sulit menentukan venue acara lamaran, karena di rekomendasikan oleh orang tua saya. Kami menentukan venue di: Flora The Garden Cafe, Pancoran, Jakarta Selatan. Paket untuk acara lamaran ini sudah termasuk sewa tempat, decor dan catering dari restaurant dan kue ulang tahun (bonus!). Bulan Agustus 2016 lalu, paket untuk 50 pax terhitung seharga Rp. 4,975,000.

Selama acara, semuanya terasa OK, hanya saja:

  • AC di dalam ruangan yang kurang dingin (1/5)
  • Kualitas speaker kurang bagus (2/5)

Namun fasilitas lainnya seperti

  • Lapangan parkir yang luas (5/5),
  • Makanan restoran enak (tamu keluarga pun bilang begitu) (5/5) dan
  • Konsep semi-outdoor (4/5) cocok untuk acara keluarga ini.
img_0763

Tampak Indoor

img_0568

Keluarga CPP dan Tampak Outdoor

Cincin Tunangan

Mulai dari bahan (emas atau berlian), gramatur serta model, saya dan pasangan menentukan hal-hal tersebut yang disesuaikan dengan budget, yaitu tidak lebih dari Rp. 5,000,000. Kami mendapatkan cincin di Toko Mas Central di Melawai dengan berat 4 gram emas untuk wanita dan 4 gram palladium untuk pria nya. Cincin tunangan ini kami sekaliguskan dengan cincin pernikahan nanti, dimana istilahnya “tukar tangan”. Yaa hitung-hitung cicil budget menikah nanti, jadi tidak perlu beli cincin lagi hehe..

Pasangan yang datang tidak usah khawatir, banyak model yang bisa dicari disini atau jika ada model tertentu yang diinginkan pun bisa untuk diserahkan di toko ini yang nantinya akan dibuatkan. Proses cincin sampai jadi akan memakan waktu 2 minggu, sebaiknya jangan terlalu mepet dengan acara ya.

img_0433

Cincin Tunangan

Baju Kebaya, Seragam & Make-Up

Utamakan untuk menentukan tema baju apa yang akan dipakai saat acara lamaran. Saya dan pasangan akhirnya menentukan untuk memakai kebaya warna gold kekuningan dan kain batik untuk perempuan, serta kemeja batik untuk laki-laki nya.

  • Bahan kebaya dan batik kami beli di Mayestik dengan harga Rp. 350,000
  • Jahit di Pasar Tebet dengan harga Rp. 565,000 untuk 1 set kebaya dan kemeja batik

Sedangkan untuk keluarga, kami hanya belikan bahan nya saja sekitar Rp. 600,000 untuk 4 set kebaya dan 4 bahan kemeja batik.

img_1018

Seragam keluarga

Lanjut untuk urusan make-up, sering-sering lah membuka promo di Groupon! Hehe.. Banyak sekali penawaran untuk paket MUA dengan kualitas yang bagus. Saat itu pilihan hati jatuh ke Ci Nofie Wu (Instagram: @fiewumakeupartist), saya dapat kontak nya melalui Groupon dimana dengan harga Rp. 589,000 saya sudah dapat make-up 3 orang + hair do. Hasil make-up nya ciamik, saya dan orang tua suka – thanks ya Ci 🙂 .

Seserahan

Banyak versi mengenai seserahan acara tunangan, kembali lagi ke masing-masing pasangan maunya seperti apa. Beberapa teman mengatakan:

Seserahan pas tunangan gw sih makanan dan buah-buahan aja.”

Gw sekalian tuh langsung seserahan pas menikah nanti, jadi pas akad seserahan hanya simbolik aja.

Karena ada beberapa versi ini, akhirnya saya dan pasangan menentukan untuk seserahan acara pertunangan kami dengan makanan dan buah-buahan, dengan alasan jika seserahan menikah diberikan di saat pertunangan, jeda nya akan terlalu lama karena ada jeda 6 bulan dari pertunangan ke acara menikah.

Seserahan CPP (calon pengantin pria) ke CPW (calon pengantin wanita) terdiri dari 5 box, yaitu:

Kisaran harga dari 5 box seserahan tersebut Rp 1,100,000. Jenis-jenis kue yang kami beli kebanyakan kue-kue manis dan lengket, kalau kata orang Jawa biar hubungan nya juga ‘lengket’ dan harmonis. Ini hanya simbolis, lhooo .. 🙂

Sedangkan seserahan dari CPW ke CPP saya serahkan semua nya ke orang tua haha, namun jumlahnya yang lebih sedikit dari pihak laki-laki, yaitu 3 box. Tidak ada ketentuan jumlah nya lebih sedikit atau tidak, kembali lagi hal ini sesuai dengan diskusi masing-masing keluarga.

IMG_1053.JPG

Cup Cakes Tunangan by @fairycakesfactory

IMG_0566.JPG

Keluarga CPP – Tim Pembawa Seserahan

Susunan Acara & Dokumentasi

Nah saatnya menentukan mau seperti apa kira-kira susunan acara yang akan dijalankan? Mulai dari menentukan MC, lalu tahap demi tahap acaranya sampai selesai. Apakah kamu butuh EO? Apakah EO hanya dari keluarga? Saya dan pasangan beruntung sekali karena semuanya dapat dikerjakan bersama-sama dengan bantuan MC dari teman kantor a.k.a EO sendiri Hehe.. Kami share nih susunan acara pertunangan kami untuk pembaca yang akan bertunangan, silakan dibaca:

This slideshow requires JavaScript.

Namun lain halnya dengan dokumentasi, kami menghubungi fotografer untuk acara kami. Hal ini kami siapkan budget berkisar Rp 2,000,000 untuk full day session dan candid mulai dari make-up sampai akhir acara.

Sekian dari journey yang pernah saya jalankan bersama pasangan dalam menyiapkan acara tunangan kami. Semoga bermanfaat ya! 🙂

Advertisements

One thought on “[Engagement] – [Bukan] Tips & Trik

Comments Box

Please log in using one of these methods to post your comment:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s