2D1N Pulau Tidung

Getaway trip nggak perlu jauh-jauh, di sela-sela kesibukan kantor saya masih sempet curi waktu saat weekend ke Pulau Seribu yang jaraknya masih terjangkau begitu juga dari segi harga. Di Pulau Seribu ini terdapat banyak sekali gugusan pulau-pulau kecil, diantaranya Pulau Tidung, Pramuka, Bidadari, Harapan, Ayer, dll. Mencapai ke Pulau Seribu ini bisa melalui 2 alternatif pelabuhan, yaitu dari Marina Ancol atau dari Muara Angke (dengar-dengar sekarang di Kali Mati, dekat juga dengan Angke). Saya ambil dari Marina Ancol saat itu, meskipun lebih mahal but it’s ok yang penting lebih bersih dan nyaman.

Pulau Tidung adalah salah satu di Pulau Seribu yang saya kunjungi. Budget untuk 2 orang sekitar 1,1 juta untuk 1 malam dimana sudah termasuk:

— Boat dari Marina Ancol (boat nya bersih ngga bau, ngga jelek, not bad) PP

— 3x makan berat (barbeque 1x, makan pagi, dan makan siang)

— Snorkling di area Tidung dan undrwater foto sepuasnya

— Penginapan AC kamar mandi dalam (yaaa ini lumayan kok tempat menginap nya :D)

— Sepeda full time sampai pulang

1. ARRIVAL

Marina Ancol – Tidung membutuhkan waktu 2 jam kira-kira, dimana sistem boat nya serupa dengan busway; berhenti dulu di pool pantai lainnya, jadi memang nggak langsung ke P. Tidung yang dituju.

Setibanya di P. Tidung saya langsung bertemu dengan tour guide dan diarahkan ke penginapan dengan sepeda. Kriing… Kriiingg… Make sure kalian bisa naik sepeda ya disini, kalau memang ngga bisa terpaksa mungkin jalan (nggak disarankan) atau bisa juga sewa motor.

IMG_0445

Cottage tempat menginap, view nya langsung ke laut, enak banget (dok.pribadi)

IMG_0448

Front view depan kamar dengan tempat duduk langsung menghadap laut (dok. pribadi)

Itinerary selanjutnya adalah snorkling dengan kapal boat di sekitaran Pulau Tidung. Snorkling experienced saat ini megecewakan karena batu karang yang kecil-kecil nya mengganggu banget, sehingga membuat kaki lecet-lecet. Nggak lama dengan snorkling, dilanjutkan water sport yang disediakan. Pembayaran water sport ini beda lagi, so ada expense tambahan, per game kira-kira 50 ribu. Water sport disini seru banget! Nggak kalah dengan water sport di Bali haha.. Bagi mereka yang berani meloncat ke air di P. Tidung juga bisa meloncat dari jembatan ke laut, tingginya kira2 5m (saya ga berani saat itu jadi ngga ada fotonya).

IMG_0468

Other side view laut (dok. pribadi)

2. END OF TRIP

Akhir perjalanan mau pulang, saya menyempatkan bersepeda di sisi lain pantai P. Tidung. Di area sini lebih sepi dan memang cukup jauh, sekitar 20 menit menuju kesini. Air pantai nya bersih banget dan masih asri. Cocok untuk daydreaming dan leyeh-leyeh disini.

IMG_0505

Sisi lain pantai di P. Tidung (dok. pribadi)

Cukup memuaskan trip 1 malam di P. Tidung ini, memang cape banget dan siap2 kulit kalian menggelap😀

Travel agent menuju P. Tidung yang saya gunakan saat itu dapat dilihat di link ini dengan Pak Munawir: http://munawarpulautidung.com/.

Comments Box

Please log in using one of these methods to post your comment:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s