Ini Kesan Para Pria Tentang Kamis Ganteng

Berawal dari pernah melakukan research project mengenai online habit yang mengatakan bahwa rata-rata pengguna internet online di Indonesia itu 55% adalah laki-laki, maka dari itu penasaran dengan iklan BliBli.com yang Kamis ganteng karena iklan ini benar-benar jelas segmen nya untuk pria yang juga menjelaskan tentang promo menarik setiap hari di dalam iklannya. Melanjutkan tingkat penasaran, saya mengadakan survey kecil-kecilan (mini-survey) melalui alat bantu kuesioner dari Google Sheet dan disebarkan secara acak ke kontak teman-teman saya (Hey, thanks ya semua yang sudah meluangkan waktunya untuk berpartisipasi).

Screenshot online survey yang saya adakan (koleksi pribadi penulis)

Kemudian, berikut inilah demographic profile berdasarkan dari mini-survey yang saya adakan :

Slide2

Hasil target responden

Secara singkat, alurnya adalah responden diminta untuk menyebutkan tingkat awareness mereka secara blinded, dimana dari iklan Kamis Ganteng ini saya rangkum menjadi 6 frame. Slide3

Frame potongan iklan blinded BliBli.com

Baru setelah semua responden menjawab, saya memberi tahu nama iklan nya dan responden diminta keterangannya untuk mengisi seberapa setujukah mereka terhadap poin-poin penilaian iklan Blibli.com Kamis Ganteng tersebut. Diantara segmen pria ini, berikut ini key findings dari hasil mini-survey yang didapatkan: Slide4

Hasil key findings dari mini-survey

Kalau kita bedah satu-satu, dimulai dari tingkat awareness, iklan ini dilihat lebih dari setengah responden (60%) dan responden pun mampu menyebutkan bahwa iklan itu adalah iklan untuk BliBli.com. Artinya, para pria dapat menyadari adanya iklan BliBli.com ini di TV. Selanjutnya kalau dilihat dari penilaian iklan tersebut, secara asumsi, para pria ini cukup memberikan nilai yang baik. Karena rata-rata 35% mereka memberikan nilai yang lebih tingi dibandingkan dengan keseluruhan action. Penilaian asumsi ini terdorong dari karena iklan nya yang mudah dimengerti. Disini mengartikan bahwa audience pria ini menyukai hal yang simple dan iklan BliBli.com mampu menyediakan iklan yang sesuai dengan target audience nya. Dilihat dari segi action, iklan BliBli.com Kamis Ganteng ini mampu membuat audience pria nya mau melakukan effort untuk mencari informasi tentang promo tersebut. Para audience bisa saja langsung mengakses situs BliBli.com untuk melihat informasi yang lebih detil maupun melihat iklan nya kembali di youtube misalnya. Namun, ada beberapa atribut yang memang dibawah rata-rata, yaitu word of mouth yang dibentuk olah iklan ini tergolong minim, karena audience pria ini cenderung tidak akan menceritakan kembali iklan tersebut, membeli maupun merekomendasikan BliBli.com. Disini mengartikan kalau dilihat dari segi iklan, iklan ini cukup menarik perhatian para pria namun para pria ini belum mau untuk melakukan tindakan selanjutnya. Hmmmm.. Kalau menurut saya wajar, andaikan saja survey ini diisikan oleh wanita juga sebagai responden nya, kemungkinan besar hasilnya akan beda, terutama dalam hal action nya, karena diketahui dari hasil survey Indonesia Internet Service Provider Assocation, tingkat pembelian online shopping wanita jauh lebih besar dibandingkan dengan pria, terutama dalam hal apparel. Opini saya sendiri mengatakan, bahwa iklan ini berhasil dalam menarik perhatian audience nya karena hal-hal yang hendak disampaikan dalam iklan ini mudah dicerna dan single objective yang tajam, yaitu setiap hari Kamis adalah hari nya promo untuk para pria yang berbelanja di BliBli.com. Dibandingkan dengan banyak iklan lainnya, yang terkadang terlalu menyimpan informasi yang berlebihan dalam sutau iklan guna ingin menyampaikan semua informasi yang ada pada konsumen, namun melupakan tujuan utama nya, sehingga hanya membuat audience bingung dan tidak tertarik terhadap iklannya.

So, saya rangkum mengenai tagline BliBli.com “big choices big deals hanya di BliBli.com” yang dipadukan dengan me-release iklan Kamis ganteng ini sudahlah efektif dan sesuai dengan target audience nya.

Begitu kira-kira nya tulisan yang saya sampaikan, semoga bermanfaat ya..

Comments Box

Please log in using one of these methods to post your comment:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s