WARNA-WARNI PROMO MENARIK DI BLIBLI.COM

Diketahui dari hasil riset salah satu perusahaan e-commerce di Indonesia, ada 4 tipe  pembeli online, yaitu ‘The Seeker’, ‘The Researcher’, ‘The Windows Shopper’ dan ‘The Discount Lover’ (Sumber: klik disini). BliBli.com dengan konsep pelopor online shopping mall, menurut saya berhasil memenuhi kebutuhan 4 segmen tersebut. Yuk, sekarang kita bahas kebutuhan masing-masing segmen tersebut yang semuanya terpenuhi di blibli.com.

Presentation1

Segmen Pembeli Online di Indonesia (modified image, Sumber : klik disini)

  1. THE SEEKER

Tampilan website blibli.com yang user-friendly dan menampilkan semua produk berdasarkan kategori nya sangat cocok untuk para ‘The Seeker’ ini yang pada dasarnya sangatlah spesifik terhadap produk yang akan di belanjakan. ‘The seeker’ kemungkinan besar akan sangat puas dengan fasilitas toko online terlengkap dari Blibli.com. Ya gimana enggak? Belanja di Blibli.com sama saja dengan jalan-jalan di mall, semua lengkap!

  1. THE RESEARCHER DAN THE WINDOW SHOPPER 

Mirip dengan profil ‘The Seeker’ sebelumnya, kedua tipe ini juga gemar browsing-browsing toko online. Terutama untuk tipe ‘The Researcher’ , website blibli.com akan menjadi panduan yang sangat membantu mereka dalam meriset dan juga membandingkan produk yang diinginkan dengan referensi sederetan koleksi produk terlengkap di blibli.com.

  1. THE DISCOUNT LOVER

Bahasa Indonesia nya ‘Si Gila Diskon’ ini akan merasakan pleasure shopping di Blibli.com! Berbagai promo menarik setiap hari nya selalu diberikan oleh Blibli.com untuk memanjakan konsumen mereka. Ditinjau dari promo yang sudah berjalan di semester awal tahun 2015 ini, saya melihat promo menarik Bllibli.com dikemas secara 3 konsep promo yang berwarna, yaitu warna promo tematik, warna promo occasional, dan warna day-to-day promo. Konsep ini sangatlah ‘menggoda’ ‘The Discount Lover’ dimana segmen ini tergolong impulsive, dan mereka akan belanja saat ada promo yang relevan untuk mereka.

Sebagai ilustrasi, saya mengelompokkan warna promo tersebut seperti gambar berikut:

ILUSTRASI WARNA PROMO BLIBLI

Ilustrasi Warna Promo (koleksi penulis)

Melihat warna – warni promo ini, blibli.com sangatlah mengerti konsumen, karena konsep mall online shopping ini dapat menyesuaikan promo-promo nya dengan kebutuhan konsumen yang pastinya berbeda-beda tiap bulan, dimana hal ini adalah ‘RELEVAN’ di mata konsumen.

PROMO JANUARI – FEBRUARI

Slide2

Promo shot Jan-Feb (modified, blibli.com)

Memulai tahun 2015, Blibli.com mengemas promo di bulan Januari dan Februari dengan warna konsep tematik dan day-to-day. Pada Bulan Januari, Blibli.com mengadakan promo menarik berkonsepkan day-to-day promo, dimana dari Hari Senin-Kamis terdapat spesial promo, seperti :

– Monday is mom’s day

– ANZ Great Tuesday

– Rabu Cantik

– Kamis ganteng

Belum lagi ditambah berbagai penawaran menarik bagi pemegang kartu kredit maupun debit dari bank-bank tertentu yang potongan harga nya sangat menggiurkan.

Kemudian di Bulan Februari, bulan yang penuh cinta ini, selain promo day-to-day nya yang masih berjalan dari Bulan Januari, Blibli.com menambah warna konsep promo nya dengan promo occasional, yaitu ‘Week of Love’; guna merayakan Valentine’s day dan juga promo tematik, yaitu ‘Kejutan ATM (Asyiknya Tanggal Muda)’ guna merayakan para pegawai yang baru saja gajian/payday!

PROMO MARET-APRIL

Slide3

Promo shot Mar-Apr (modified, blibli.com)

Promo menarik di bulan ini ada di warna promo occasional, yaitu diskon ‘Earth Hour’, guna merayakan hari Bumi di Bulan Maret dan juga promo tematik yaitu promo ‘So March Fun!”.

Sama seperti bulan sebelumnya, promo-promo seperti ‘Kamis Ganteng’, ‘Thank God it’s payday’ maupun visa deals pun masih berlanjut sampai April. Seperti nya promo ini berhasil menarik perhatian konsumen sehingga terus dipertahankan.

PROMO MEI

Slide4

Promo shot Mei (modified, blibli.com)

‘Mayday Madness’ adalah promo occasional di Bulan Mei dalam rangka merayakan ‘labor day’. Promo ini bersifat flash sale dengan jangka waktu hanya 3 jam saja. What a rush dan sangat menarik! Kemudian ada juga ‘O May Big Sale’ dimana produk – produk pilihan mendapatkan diskon mencapai 80%.

Begitulah kira nya promo-promo yang saya amati di BliBli.com. Menarik ya?🙂

Oh ya, promo-promo yang saya tulis masih promo-promo ‘bertema’ loh, di samping itu banyak sekali promo-promo yang ditawarkan oleh BliBli.com. Wah, konsep ini menurut saya benar-benar hebat dan Blibli.com is more than online shopping mall!

 

One thought on “WARNA-WARNI PROMO MENARIK DI BLIBLI.COM

Comments Box

Please log in using one of these methods to post your comment:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s