Obesitas Mempengaruhi Sumber Energi Dunia

(Ilutrasi Gambar : Dokumentasi Pribadi)

Seperti yang telah kita ketahui, bahwa terdapat 2 jenis sumber energi, yaitu sumber energi yang dapat diperbaharui dan tidak. Energi itu sendiri didapat dari hasil pembakaran biomassa. Biomassa terdiri dari segala jasad makhluk hidup. Maka dari itu, manusia termasuk salah satu biomassa, yaitu biomassa manusia (human biomass). Dikutip blog VOA dalam artikelnya yang berjudul “Penduduk Dunia Kelebihan Berat Badan 15 Juta Ton” menyatakan bahwa terjadi peningkatan biomassa manusia yang menunjukkan penduduk dewasa Bumi kelebihan berat badan 15 juta ton dan termasuk diantaranya 3,5 juta ton menderita obesitas.

Kemudian disebutkan pula bahwa peningkatan biomassa berpotensi merusak sumber energi dunia. Terutama sumber pangan, karena tubuh yang lebih berat menuntut energi lebih banyak, yang diperoleh dari makanan, baik dalam  keadaan aktif atau istirahat. Hal ini dapat menyebabkan krisis pangan, karena adanya keterbatasan dunia menyediakan pangan.

Orang yang memiliki kelebihan berat badan atau obesitas dapat dihitung berdasarkan indeks massa tubuhnya (BMI), yaitu ukuran lemak tubuh didasarkan pada tinggi dan berat. Seseorang dinyatakan obesitas bila memiliki BMI lebih dari 30. Dalam jurnal BMC Public Health menyatakan bahwa energi pangan yang digunakan membakar kelebihan berat badan di antara orang gemuk dapat memberi gizi kepada lebih 100 juta individu ekstra dengan berat rata-rata.

Penelitian yang dilakukan oleh tim peneliti di London pada tahun 2005 menyebutkan bahwa Penduduk Amerika Utara yang dihuni hanya enam persen dari jumlah penduduk dunia, biomassa obesitasnya mencapai 34 persen. Sebaliknya, di Asia, tempat tinggal lebih dari separuh penduduk dunia, biomassa termasuk obesitas penduduknya mencapai kurang dari 13 persen, dimana 1 ton biomassa manusia sebanding dengan kira-kira 12 orang dewasa di Amerika Utara dan 17 orang dewasa di Asia.

 Apakah hal ini diakibatkan karena kecanggihan teknologi dan gaya hidup modern yang menyebabkan manusia mengesampingkan kesehatan dan memudahkan segala yang ada dengan meng-instan-kan semuanya sehingga makin larisnya produk-produk junk food? Dan kemudian meningkatnya pula ego dan keserakahan manusia yang mementingkan kebutuhan inividu semata?

Artikel ini diikutsertakan dalam Kontes Ngeblog VOA. Semoga Srtikelnya Bermanfaat.

3 thoughts on “Obesitas Mempengaruhi Sumber Energi Dunia

  1. Berat badanku masih kurang ideal karena aku kurus…
    tetap bersyukur yaaa karena ga obesitas, obesitas klo ga rajin oleahraga lebih rentan kena penyakit.🙂

    Like

  2. Pingback: Obesitas Mempengaruhi Sumber Energi Dunia « Kontes Ngeblog VOA

Comments Box

Please log in using one of these methods to post your comment:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s