Trend Minum Susu Untuk Hari Ini, Esok dan Nanti

Readers semua mungkin pernah mendengar ya tentang kalimat seperti ini :”Bahwasanya kekayaan itu tidak hanya sekedar uang, tapi juga kesehatan.” Kemudian Siddharta Gautama pun mengatakan bahwa :”Rahasia kesehatan terhadap tubuh dan pikiran manusia tidak dengan meratapi masa lalu atau terlalu melihat masa depan namun dengan memperhatikan keadaan kita saat ini secara bijak.” Menurut saya, dari kata-kata tersebut tersiratlah  kalimat yang mengutamakan “kebijakan akan kesehatan”. Apakah ini mengartikan bahwa  kesehatan itu makin penting?

Jawabannya adalah : Ya. Tentu saja kesehatan itu sangat penting. Sekarang coba lihat dan rasakan di sekitar kita, bahwa makin lama makin banyak berbagai cara yang dilakukan orang-orang untuk mempertahankan kesehatan nya. Seperti berjamurnya produk-produk organik, penyebutan bebas zat pengawet pada berbagai produk, munculnya produk-produk antiaging dan lain-lain yang tidak bisa disebutkan satu persatu. Menurut sudut pandang saya, penyebutan senyawa kimia tersebut mengindikasikan bahwa produsen sudah menyadari kalau konsumen nya semakin cerdas dan semakin mengerti akan pentingnya kesehatan berdasarkan keunggulan suatu produk dilihat dari sisi kandungan gizi dan kimianya.

Selain itu, pencanangan atas label-label halal dari MUI di setiap produk pun tidak kalah pentingnya. Dengan adanya label halal ini membuat konsumen merasa aman bahwa produk-produk yang dikonsumsi nya tidak berbahaya untuk kesehatan. Karena sebagian besar masyarakat Indonesia adalah muslim, sehingga percaya bahwa dengan mengonsumsi yang halal dan baik (thayib) merupakan manivestasi dari ketaatan dan ketaqwaan kepada Allah (Sumber : halal MUI).

Dengan munculnya berbagai istilah-istilah kesehatan di lingkungan masyarakat dan pencanangan label halal pada setiap produk, susu adalah salah satu produk kesehatan yang halal dan menjadi trend dalam menggambarkan gaya hidup seseorang. Yaitu, menggambarkan gaya hidup yang sehat, sehingga timbul berbagai brand dengan segala inovasi yang ditonjolkan pada produk-produk susu  baik untuk balita, anak-anak, remaja, ibu hamil maupaun lansia.

(Dokumentasi Pribadi)

Dari tagline diatas, sebenarnya ada apa ya di dalam susu yang bermanfaat untuk tubuh kita? Inilah yang ditunggu-tunggu teman-teman🙂

Menurut Prof.Dr. Achmad Djaeni Sediaoetama dalam buku nya yang berjudul “Ilmu Gizi”,  susu mempunyai komponen-komponen utama yang berkontribusi bagi kesehatan manusia, seperti :

  1. lemak susu ,
  2. protein susu ,
  3. mineral
  4. air

Adanya komponen-komponen tersebut, susu sudah terbukti dapat meningkatkan daya tahan tubuh, memperkuat tulang, memperindah kulit, bahkan ada yang menyebutkan terbukti dapat memperpanjang umur manusia (Sumber : wolipop dikutip website Frisian flag). Protein misalnya, fungsi protein dalam tubuh sangat erat hubungannya dengan sel-sel tubuh, sebagai zat pembangun, pengatur metabolisme enzim, serta menggantikan sel-sel yang mati dalam tubuh kita (Sediaoetama, 2008). Namun, apakah dengan kelebihan-kelebihan itu dapat kita rasakan dengan instan? Tentu tidak ya, dengan minum susu  yang rutin, barulah kita dapat menikmati manfaatnya. Untung saja kalau saya pribadi memang sudah dibiasakan minum susu  rutin sejak usia dini.

Kenapa sih kita harus dibiasakan minum susu dari kecil? Jawaban yang paling mendekati adalah karena manusia butuh hidup sehat setiap saat mulai dari kecil hingga lansia. Apalagi pada saat usia kita masih dibawah 5 tahun, dimana pada usia tersebut termasuk ke dalam kelompok rentan gizi yang sangat membutuhkan nutrisi-nutrisi tambahan untuk mencukupi ketahanan tubuh seperti susu . Berbagai macam formulasi susu dari brand-brand produsen susu  di Indonesia saat ini menawarkan inovasiinovasi yang beragam. Frisian Flag sebagai salah satu produsen susu di Indonesia terus berinovasi dengan produk-produk nya yang kini mengeluarkan produk terbarunya, yaitu “Frisian Flag 123 dan 456” dengan  inovasi fortifikasi isomaltulosa pada susu yang dapat meningkatkan daya konsentrasi untuk mengembangkan pola pikir, kepribadian serta kreativitas pada anak.

Isomaltulosa ini merupakan jenis karbohidrat yang mempunyai indeks glikemik yang rendah, dimana indeks glikemik ini merupakan ukuran kecepatan penyerapan makan menjadi gula darah, dengan semakin rendah indeks glikemik suatu makanan, akan semakin lambat dampaknya terhadap kenaikan gula darah, maka dari itu isomaltulosa ini dapat meningkatkan energi pada tubuh kita. Dikutip dari www.freepatentsonline.com , efek penggunaan isomaltulosa secara rutin efektif mengontrol glukosa dalam darah dan juga menurunkan akumulasi lemak pada orang – orang obesitas. Kemudian disebutkan pula bahwa penggunaan isomaltulosa dalam jangka panjang membawa pengaruh yang baik terhadap kesehatan manusia.

Coba anda bayangkan bila anak-anak kita ini diberi asupan sehat seperti fortifikasi isomaltulosa dari kecil, kemungkinan dengan cara mengonsumsi susu isomaltulosa secara rutin serta diiringi pengasahan kreativitas secara berkala, bukanlah tidak mungkin kalau kelak akan menjadi manusia yang pintar dan cerdas. Tapi tunggu dulu, apakah produk nya itu halal? Wah, iya sudah pasti. Selain kita mendapatkan asupan nutrisi yang sehat untuk tubuh kita, kita juga menaati perintah Allah kan? Inilah yang disebut susu inovasi yang sehat dan halal untuk pertumbuhan anak. Coba lihat gambar dibawah ini bahwa susu tersebut sudah mempunyai label halal pada kemasannya.

(Dokumentasi Pribadi)

Ketika hal-hal yang disebutkan di atas kebanyakan adalah secara teori, mari kita lihat berbagai testimoni terhadap trend minum susu sebagai gaya hidup yang sehat berikut ini :

 (Ilustrasi Gambar : Dokumentasi Pribadi, Sumber tulisan : Click here, Sumber Foto : Click here)

(Ilustrasi Gambar : Dokumentasi Pribadi, Sumber tulisan : Click here, Sumber Foto : Click here)

  (Ilustrasi Gambar : Dokumentasi Pribadi, Sumber tulisan : Click here, Sumber Foto : Click here)

(Ilustrasi Gambar : Dokumentasi Pribadi, Sumber tulisan : Click here, Sumber Foto : Click here)

Nah, sudah tidak ragu lagi kan untuk memberitahukan kepada anak-anak kita bahwa banyak sekali manfaat yang didapatkan dengan mengonsumsi susu sebagai trend kesehatan untuk saat ini, esok dan nanti?🙂

Postingan ini dipersembahkan untuk mengikuti kontes blog halalismylife Supported by blogdetik, Organized by MUI and Sponsored by Frisian Flag.

Referensi :

“Glucerna”. 2005. Available online at : http://freepatentsonline.com/6916796.

Sediaoetama, A. D. 2008. Ilmu Gizi. Penerbit : Dian Rakyat. Jakarta.

 

2 thoughts on “Trend Minum Susu Untuk Hari Ini, Esok dan Nanti

Comments Box

Please log in using one of these methods to post your comment:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s