Sekilas mengenai Preservasi Daging dengan Cara Marination dan Curing

Pemanggangan daging dengan cara marinasi dan curing merupakan salah satu cara pengawetan sebelum daging dilakukan pemanggangan. Sekilas, kedua cara tersebut mempunya persamaan, yaitu sama-sama untuk mengurangi kekerutan daging saat proses pemanggangan, memperbaiki warna serta meningkatkan citarasa produk pemanggangan. Namun justru kedua cara tersebut ternyata mempunyai perbedaan yang nyata.Dikutip dari Wikipedia tentang Marination, Marination itu sendiri adalah pengawetan daging dengan cara merendam pada larutan yang dibumbui dan biasanya merupakan larutan-larutan asam seperti cuka, jus limun, minuman anggur dan enzim. Marination ini sendiri bertujuan untuk membentuk tekstur daging yang keras, sebagai penambah cita rasa dan sebagai pengawet karena dengan memberikan zat-zat asam dapat menghabat pertumbuhan mikroorganisme.

Kemudian sama halnya dengan Marination, Curing adalah salah satu cara pengawetan daging dengan bahan-bahan dari campuran gula, garam, nitrat ataupun nitrit. Cara curing banyak diaplikasikan pada ikan ataupun daging. Curing dilakukan sebelum dilakukan pengasapan produk. Penggunaan curing dengan bahan nitrat biasanya banyak digunakan pada daging-daging yan berwarna merah seperti sapi, sedangkan ikan dan unggas biasanya tidak menggunakan nitrat karena termasuk jenis daging putih, dimana nitrat itu sendiri lebih membentuk ke pewarnaan daging agar menghasilkan warna merah cerah.

Kedua cara marination dan curing memang sama-sama cara pengawetan daging, namun bila dilihat dari bahannya kedua nya mempunyai perbedaan. Marination menggunakan bahan-bahan yang bersifat asam, sedangkan curing menggunakan gula, garam dan rempah-rempah lainnya yang bukan asam. Semoga artikelnya membantu🙂

MARINATION

                                                                                                                                                                                      CURING

Comments Box

Please log in using one of these methods to post your comment:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s