Tes Menguji Kebaikan Temen Baik Kamu :D

  • Perhatian

Salah satu kriteria penting dalam menilai seorang temen adalah seberapa perhatian nya dia sama kamu. Coba ceritain hal penting dalam hidup kamu, dan lihat reaksi dari temen kamu, seberapa jauh dia mencari tahu tentang kamu dan gimana dia nanggepinnya.

Kalau dia ga ngelakuin hal itu, coba hubungin dia dan coba singgung tentang hal penting itu lagi. Kalau ternyata dia ga nyinggung2 gimana? Ya kasian deh (Haha!). Coba untuk kasih isyarat2, apakah dia masih inget hal penting yg kamu omongin atau ga. Kalau dia sudah lupa, temen kamu bukanlah temen yg perhatian sama hidup kamu.

Sebaliknya, kalau dia masih inget, berarti temen kamu sudah lolos Tes temen baik yang pertama, yaitu temen yang perhatian.

  • Kesetiaan

Coba ceritain salah satu rahasia temen kamu ataupun seseorang  ke temen baik kamu. Temen yang baik akan tahu apa artinya kepercayaan dalam suatu relasi pertemanan. Pastiin temen kamu keberatan kalo kamu menceritakan rahasia seseorang ke orang lain. Kalo dia keberatan, temen kamu sudah lolos uji temen baik kedua, temen yang setia.

  • Kebanggaan

Ketika kita lagi sedih, siapa pun pasti bisa menghibur kita, tapi lihat lah sekitaran kamu, siapa orang yang menepuk pundak kamu pas kamu sukses menjalani suatu pekerjaan dan siapa yang iri dan cemburu sama hasil kesuksesan kamu.

Seorang temen yang baik akan bangga sama prestasi yg kamu dapat, bukannya iri dan cemburu dan mereka akan mendatangi kamu ketika kamu mendapatkan berita yang baik, bukan hanya berita buruk saja. Coba lebih peka lagi, apakah temen baik kamu mendatangi kamu saat kamu meraih kesuksesan? kalo iya, kamu sukses meloloskan uji temen baik ketiga, temen yang mendukung keberhasilan kamu.

Ingat, akan banyak orang yg akan menghibur kamu disaat kenyataan membelakangi yang kamu harapkan, dan sangat sedikit orang yang ngucapin selamat disaat semuanya berjalan sesuai keinginan kamu

  • Kejujuran

Menerima kritikan emang ngeselin dan nyelikit di hati (Ngoook), tapi jangan salah, temen yang baik itu ternyata temen yang berani nyampein hal2 yg ga mau kamu denger. Loh ko gitu?

Karena, temen yg baik bakal rela kamu benci selama itu bermanfaat buat kamu. Apakah temen baik kamu mau mengatakan hal yang bermanfaat buat kamu meskipun dia bakal tahu kalau hal itu akan membuat dia dibenci sama kamu? kalo ya, lanjutkan tes selanjutnya, karena temen baik kamu lolos sebagai temen yang jujur.

  • Penghargaan

Disaat kamu lagi bareng2 temen baik kamu, coba kamu bilang ada sesuatu yg baik yg terjadi sama kamu tapi kamu belum mau bilang sekarang karena kamu belum mau membicarakannya saat ini. Coba lihat reaksi temen kamu. Apakah dia mendesak atau ga?

Disini, kamu bisa nemuin apa bedanya “rasa ingin tahu” dan “perhatian”. Kalau temen kamu nunjukin “harus tahu” berarti dia cuma pengen tahu gosip (fufufu) bukan ke kamunya.  Temen yang baik bakal ngehormatin harapan2 kamu dan ngasih kamu kesempatan untuk meraihnya tanpa maksain sesuatu hanya berdasrkan keingintahuannya.

Mungkin aja, temen kamu bakal terus menyinggung karena penasaran ingin tahu,  tapi dia ga akan mendesak kamu terus-terusan kalau kamu udah menegaskan “gue ga mau cerita sekarang”.

Alasan kenapa kamu ngasih misterius yang positif gini karena suatu saat, kalau kamu tertimpa suatu yang buruk, dia akan berusaha mengetahuinya saat itu juga, karena dia perhatian sama hidup kamu. Jadi, kamu ga bisa menguji penghargaannya dengan misteri yang negatif. So, kalau temen baik kamu lolos di tes ini, dia adalah temen yang menghargai.

  • Pengorbanan 

Berat ya judul nya pengorbanan. Justru karena berat itulah yang bakal nunjukin tes terakhir menguji temen “baik” kamu. Apakah temen baik kamu mau mengorbankan sesuatu yg ngebuat kamu seneng? Apa dia rela ngorbanin kesenangannya demi kesenangan kamu?

Coba inget2 lagi, akan banyak orang-orang yg pergi disaat resiko tinggi menghampiri kamu, orang-orang itu akan lebih melindungi kepentingan mereka sendiri, ya ga? (KWn banget ga pertanyaannya. haha!) Perhatikanlah temen baik kamu, apakah dia satu-satunya orang yg berpikir atau berencana untuk ngebantuin kamu “keluar dengan selamat” atau dia tampak mendahulukan dan berusaha menyelamatkan kepentingannya sendiri?

Semoga aja temen baik kamu adalah org yang ngebantu kamu untuk keluar dengan selamat, karna jika iya selamat, kamu ga salah pilih temen !

Source : (Click here to download)

Lieberman, David. 2000. Get Anyone To Do Anything. St. Martin’s Press. New York.

Comments Box

Please log in using one of these methods to post your comment:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s