Kenapa (Masih) Juga Mengonsumsi Makanan Pedas?

      Rasa Pedas  ditimbulkan dari ditambahkannya cabe pada makanan. Dari mana yaa timbul nya rasa pedas itu?? Cabe mengandung Vitamin C, Vitamin A, mineral, antioksidan, serat dan senyawa capsaicinoids. senyawa capsaicinoids inilah yang membuat cabe terasa pedas saat dikonsumsi. Capsaicin (disingkat aja lah yaa) ini ternyata dapat melepaskan hormon endorphin pada manusia. 

                Hormon endorphin ini merupakan hormon alami yang diproduksi tubuh manusia yang dipercaya mampu memproduksi 4 kunci utama bagi tubuh, seperti :

1.       Meningkatkan sistem kekebalan tubuh/imunitas

2.      Mengurangi rasa sakit

3.      Mengurangi stress

4.      Memperlambat proses penuaan

                Kenapa sih kalo makan pedes itu cenderung ketagihan? Hal ini juga merupakan efek dari mengonsumsi makanan-makanan pedas yang dapat memicu produksi hormon endorphin dalam tubuh kita, karena selain 4 kunci diatas, hormon endhorphin ini, khususnya beta-endoprhin merupakan hormon yang paling kuat dalam memicu perasaan bahagia di antara hormon-hormon kebahagiaan. Yaa.. singkatnya, hormon endorphin ini juga salah satu hormon kebahagiaan (Hormon kebahagiaan ini ternyata ga satu jenis aja!)

                Bisa disimpulkan ga kalo mengonsumsi makanan pedes ini ternyata membuat kita bahagia , berarti aman-aman aja kan kita makan sebanyak apapun? Basicly makan pedes ga akan sepenuhnya merusak kesehatan kita, apalagi karna cabe ini selain dapat membuat makanan terasa lezat, dapat mempercepat metabolisme tubuh, meningkatkan sirkulasi peredaran darah, juga kita dapat merasakan bahagia setelah mengonsuminya. Jangan salah, air mata yang keluar setelah  makan pedas itu merupakan air mata bahagia, lho. Pada saat itulah hormon kebahagiaan kita di produksi (si hormon endorphin tadi).

               Tapi…. (tenang, kata “tapi” disini ga akan meluluhkan khasiat2 si cabe) selama kita masih mengonsumsi dalam jumlah yang wajar, artinya kita tau batasan-batasan tubuh kita dimana kita harus berhenti konsumsi pedes, kesehatan kita masih aman. Ciri-ciri tubuh kita sudah tidak kuat lagi mengonsumsi pedas itu adalah dengan mulai timbul rasa panas di perut . Disaat itulah sebaiknya kita berhenti dulu untuk mengonsumsi makanan-makanan pedas.

     Takutnya kalau kita overdosis makanan pedas, akan menimbulkan efek-efek negative, seperti :

  1.  Timbul iritasi dengan membentuk pola aneh (mengubah geografis) dari lidah
  2. iritasi pada lambung, karena terganggu nya produksi asam lambung yang berfungsi sebagai lapisan pelindung pada lambung kita.
  3. bisa mengurangi sensasi rasa di lidah 
  4. Menyebabkan insomnia (sebaiknya, jangan mengonsumsi makanan pedas di malam hari)

Sooo.. tetep batasi diri makan pedes meskipun ketagihan

 

-dikutip dari berbagai sumber-

Comments Box

Please log in using one of these methods to post your comment:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s